Dispar Kukar Kembangan Objek Wisata Guna Tingkatkan PAD

No comments
Foto: ILUSTRASI- Objek wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
Foto: ILUSTRASI- Objek wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kutip.id, TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) akan merencanakan pengembangan terhadap delapan obyek wisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Kepala Bidang Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dispar Kukar, M Ridha Fatrianta menyampaikan, wisata ini seperti Waduk Panji Sukarame, Planetarium Tenggarong, hingga Pulau Kumala, Rekreasi Temanggungan, Sport Memancing, Monumen Tugu Equator, Pantai Tanah Merah dan daerah pengempang.

“Selain menarik wisatawan, pengembangan objek wisata juga dapt untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata Ridha.

Selain itu, dirinya menjelaskan bahwa ada sekitar tiga wisata yang menghasilkan pemasukan bagi daerah, diantaranya yaitu Waduk Panji, Pulau Kumala di Kecamatan Tenggarong dan Pantai Tanah Merah Samboja.

“Oleh karena itu, kami akan melakukan pembenahan di semua objek wisata yang ada. Tujuannya adalah untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kukar dan meningkatkan PAD untuk Kukar,” terangnya kepada Kutip.id Selasa (19/3) kemarin.

Pihaknya juga menjelaskan, bahwa saat ini Dispar Kukar juga sedang gencar-gencarnya untuk mempromosikan obyek wisata yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Kami berharap, promosi yang intens ini akan meningkatkan jumlah wisatawan. Sehingga akan memberikan dampak positif bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) sekaligus menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat,” bebernya.

“Kami berharap bahwa pengembangan objek wisata ini akan memberikan dorongan positif bagi pariwisata di Kukar serta membantu perkembangan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Also Read

Bagikan: