Distanak Kukar Sebut Pemasangan Pipa Sepanjang 700 Meter Segera di Mulai

No comments
Foto : Kepala Distanak Kukar, Muahammad Taufik (Istimewa)
Foto : Kepala Distanak Kukar, Muahammad Taufik (Istimewa)

Kutip.id, TENGGARONG – Dinas Pertanian dan Pertenakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar) akan kembali menggelar program pipanisasi untuk mengantisipasi kekeringan di sektor pertanian.

Kepala Distanak Kukar Muhammad Taufik mengatakan, bahwa lahan pertanian yang ada di Kukar sangat bergantung pada cuaca. Maka dari pihaknya akan kembali menjalankan pipanisasi guna mengairi sawah.

“Sistem ini merupakan intruksi langsung dari Bupati Kukar, Edi Damansyah. Kemudian, kami juga berkoloborasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Wilayah Kalimantan. Saat ini juga sudah dijalankan di Desa Rapak Lambur Kecamatan Tenggarong,” kata Taufik.

Ia menjelaskan, bahwa pihak BWS Wilayah IV Kalimantan telah membantu untuk menyediakan pompa air pada tahun 2023. Rencnanya, Distanak Kukar akan melanjutkan dengan pemasangan pipa sepanjang 700 meter guna mengairi sawah-sawah.

“Di tahun 2024 ini, kita akan lanjutkan untuk mengatasi permasalahan ketersediaan air di Desa Rapak Lambur, hal ini sesuai dengan arahan Bupati,” terangnya kepada wartawan Senin (1/4) kemarin.

Rencananya, program tersebut akn dilanjutkan pada tahun 2024. Pihakannya akan memasang pipa sepanjang 2 Kilometer (Km) untuk memasukan air ke seluruh lahan pertanin yang ada di Desa Rapak Lambur.

“Saat ini kami (Distanak) Kukar lagi menggeser anggaran yang ada untuk menuntaskan program pipanisasi tersebut,” jelasnya

Pihaknya berharap bahwa lngkah konkret tersebut Distanak Kukar mampu mengatasi persoalan terkait ketersediaan air pada sektor pertanian serta dapat membantu meningkatkan produktifitas hasil pertanian.

“Semoga petani dapat melanjutkan kegiatan pertanian mereka dengan lebih baik,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Also Read

Bagikan: