TENGGARONG – Di tengah persaingan layanan publik yang ketat, Mall Pelayanan Publik (MPP) Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil mencatatkan prestasi yang tidak terduga. Dengan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) yang inovatif, MPP Kukar kini berada di posisi keempat terbaik se-Indonesia, sebuah pencapaian yang menandai era baru dalam pelayanan publik.
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kukar mencatat, kunjungan harian ke MPP mencapai angka yang mengesankan, yaitu 260 orang. Ini merupakan bukti dari kepercayaan masyarakat terhadap layanan adminduk yang disediakan.
“Penghargaan empat terbaik tingkat nasional yang kita raih ini adalah hasil dari kerja keras dan inovasi yang terus menerus kita lakukan,” terang Kepala Disdukcapil Kukar, M Iryanto, Rabu (3/4/2024).
Penghargaan dari KemenPAN-RB yang diterima pada tahun 2023 juga menjadi simbol dari prestasi yang telah dicapai. Namun, Iryanto menegaskan bahwa capaian ini tidak datang dengan mudah. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk memastikan layanan adminduk berjalan dengan maksimal.
“Kami tidak hanya melayani, tetapi kami terus berinovasi. Dalam sehari, layanan adminduk di MPP Kukar mampu menjangkau hingga 1.000 orang, baik melalui kunjungan langsung maupun secara online,” ungkapnya.
MPP Kukar menyediakan 23 layanan yang meliputi pembuatan KTP, penerbitan akta kelahiran atau kematian, hingga pengurusan nikah. Semua layanan ini diberikan dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi masyarakat Kukar.
Kisah sukses MPP Kukar ini adalah bukti nyata dari upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas layanan publik.
“Langkah ini merupakan langkah maju yang patut diapresiasi dan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia,” pungkasnya. (Adv/DiskominfoKukar)